Sabtu, 01 April 2017

IMPLEMENTASI STRATEGI



IMPLEMENTASI STRATEGI



Beberapa hal penting dalam implemantasi strategi :
1.      Mengidentifikasi kesulitan pada tahap implemantasi strategi.
2.      Menunjukkan hubungan antara tujuan jangka pendek, policy dan sumber daya dengan strategi.
3.      Menunjukkan struktur organisasi yang mendukung implementasi strategi.
4.      Menunjukkan budaya organisasi yang menunjang implementasi strategi.
5.      Menunjukkan hubungan antara manajemen produksi dan implementasi strategi.
6.      Menunjukkan hubungan antara manajemen sumber daya manusia dam implementasi strategi.
Implementasi strategi memerlukan : kebijakan (policy) yang akan memberikan petunjuk mengenai arah yang akan ditempuh oleh manajemen dan penetapan target.
Kebijakan akan menetapkan dengan jelas garis batas (boundaries), batasan (constrains) dan limit secara administratif praktis yang tidak boleh dilanggar.
Struktur Perusahaan dibedakan ;

1.      Perusahaan kecil menggunakan struktur fungsional (tersentralisasi)
2.      Perusahaan menengah menggunakan struktur divisional (desentralisasi)
3.      Perusahaan besar menggunakan SBU (Strategic Business Unit) atau bentuk matrix.

1.      Struktur Fungsional
            Struktur yang paling banyak dipergunakan adalah fungsional atau bentuk sentralisasi karena srtuktur ini yang paling sederhana dan murah. Struktur fungsional mengelompokkan tugas-tugas dan aktivitas-aktivitas berdasarkan fungsi bisnis seperti produksi/operasi, pemasaran, keuangan/akutansi, penelitian dan pengembangan, serta system informasi computer.
            Kelemahan dari struktur ini adalah akuntabilitas berada pada pucuk pimpinan, kecilnya peluang pengembangan karir, kadang kala mempengaruhi semangat kerja karyawan, timbul konflik antara lini dan staf, pendelegasian wewenang yang buruk, dan perencanaan yang tidak memadai untuk produk dan pasar.
2.      Struktur Divisional
Bentuk-bentuk struktur divisional diperlukan untuk memotivasi karyawan, operasi pengendalian, dan keberhasilan persaingan pada lokasi-lokasi yang berbeda. Struktur divisional dapat dibentuk dalam salah satu dari empat cara berikut: berdasarkan area geografis, berdasarkan produk atau jasa, berdasarkan pelanggan, atau berdasarkan proses.
Keunggulan struktur divisional:
1.      Akuntanbilitasnya jelas karena struktur divisional disusun berdasarkan pada pendelegasian wewenang yang luas, manager dan karyawan dengan mudah dapat melihat baik atau buruk hasil kerjanya.
2.      Terciptanya peluang pengembangan karir bagi para manajer.
Struktur divisional untuk beberapa alasan memerlukan biaya yang tinggi :
a.       Setiap divisi membutuhkan spesialis fungsional yang harus digaji.
b.      Timbulnya duplikasi dari pelayanan karyawan, fasilitas, dan personalia.
c.       Dibutuhkan manajer yang benar-benar mampu karena bentuk divisional menghendaki pendelegasian wewenang, orang-orang dengan kualitas yang lebih tinggi.

3.      Struktur Unit Bisnis Strategis (SBU)
Pada organisasi dengan banyak divisi maka struktur SBU akan sangat memudahkan usaha implementasi strategi.
Ø  Restrukturisasi disebut juga dengan downsizing, rightsizing, dan delayering. Kegiatannya antara lain mengurangi jumlah karyawan, mengurangi jumlah divisi atau unit, atau bahkan mengurangi level hirarki pada struktur organisasi. Memperkecil ukuran organisasi dapat membuat organisasi menjadi lebih efesien dan efektif.
Ø  Reengineering adalah proses manajemen, proses inovasi atau proses redesign termasuk didalamnya rekonfigurasi dan redesign atas pekerjaan, kegiatan maupun proses dengan maksud untuk mengurangi biaya, memperbaiki kualitas dan service serta menambah kecepatan.
Ø  Jika restrukturisasi lebih berorientasi jangka panjang dan berpengaruh terhadap perusahaan secara menyeluruh, karena terjadi perubahan struktur dan penambahan ataupun pengurangan divisi, departemen dan atau tenaga kerja, maka reengineering berorientasi lebih ke tujuan jangka pendek, dengan memperbaiki kinerja perdivisi atau hanya pada divisi tertentu saja.

#implementasi #strategy #akuntansi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar