Sabtu, 01 April 2017

MARKET BASED STRATEGY & RESOURCES BASED STRATEGY



MARKET BASED STRATEGY & RESOURCES BASED STRATEGY



1.       Pendekatan Market based
Market Based Strategy adalah melihat kondisi pasar dengan melakukan analisis lingkungan eksternal: pesaing, pamasok, produk substitusi, konsumen.
Focus Strategy bersaing dalam Market Based Strategy:
a.       Bagaimana memproteksi pasar (how to protect the market),
b.      Membuat “rintangan” agar pesaing kesulitan untuk memasuki pasar (barriers to entry)
Beberapa langkah dasar dalam Market Based Startegy :
1.       Mempelajari lingkungan eksternal, terutama lingkungan industry,
2.       Mengidentifikasi industry yang mempunyai profitabilitas tinggi,

3.       Mengidentifikasi strategy yang cocok dengan industry tersebut sehingga mendapat laba diatas rata-rata,
4.       Mengembangkan atau dibutuhkan untuk menerapkan strategy yang dipilih,
5.       Menerapkan strategy yang tepat (fit strategic) diharapkan perusahaan dapat memperoleh laba.

2.       Pendekatan Resources Based
Resources Based review (RBV) adalah berupaya meletakkan kekuatan utama bersaing pada aspek bagaimana menciptakan masa depan (how it invent the market) melalui sumber daya yang dimilikinya untuk meningkatkan kapabilitas perusahan melalui pemilihan kompetisi inti yang unik (distinctive compentence) sehingga kompetisi tsb. Dapat merupakan hambatan bagi para pesaing sebab sulit ditiru (barriers to imitation).
Beberapa langkah penting dalam mengembangkan pendekatan Resources Based :
1.       Mengidentifikasi dan mengklasifikasi sumber daya yang digunakan untuk kegiatan bisnis seperti: teknologi, keuangan, SDM, paten, merek, dsb.
2.       Mengidentifikasi dan mengevaluasi kapabilitas untuk menghasilkan distinctive competence (kompetisi inti yang unik)
3.       Menseleksi dan mengembangkan untuk diaplikasikan dalam rangka mencari profitabilitas yang tinggi secara berkelanjutan dan sulit ditiru.
4.       Memformulasikan strategi pengembangan “core resources and capabilities” seefektif mungkin dalam semua kegiatan manajemen.
#market #based #strategy #pengertian #akuntansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar