MARKET BASED STRATEGY
& RESOURCES BASED STRATEGY
1.
Pendekatan
Market based
Market Based
Strategy adalah melihat kondisi pasar dengan melakukan analisis lingkungan
eksternal: pesaing, pamasok, produk substitusi, konsumen.
Focus Strategy bersaing dalam
Market Based Strategy:
a. Bagaimana
memproteksi pasar (how to protect the market),
b. Membuat
“rintangan” agar pesaing kesulitan untuk memasuki pasar (barriers to entry)
Beberapa langkah dasar dalam
Market Based Startegy :
1. Mempelajari
lingkungan eksternal, terutama lingkungan industry,
2. Mengidentifikasi
industry yang mempunyai profitabilitas tinggi,
3. Mengidentifikasi
strategy yang cocok dengan industry tersebut sehingga mendapat laba diatas
rata-rata,
4. Mengembangkan
atau dibutuhkan untuk menerapkan strategy yang dipilih,
5. Menerapkan
strategy yang tepat (fit strategic) diharapkan perusahaan dapat memperoleh
laba.
2.
Pendekatan
Resources Based
Resources Based
review (RBV) adalah berupaya meletakkan kekuatan utama bersaing pada aspek
bagaimana menciptakan masa depan (how it invent the market) melalui sumber daya
yang dimilikinya untuk meningkatkan kapabilitas perusahan melalui pemilihan
kompetisi inti yang unik (distinctive compentence) sehingga kompetisi tsb.
Dapat merupakan hambatan bagi para pesaing sebab sulit ditiru (barriers to
imitation).
Beberapa langkah penting dalam
mengembangkan pendekatan Resources Based :
1. Mengidentifikasi
dan mengklasifikasi sumber daya yang digunakan untuk kegiatan bisnis seperti:
teknologi, keuangan, SDM, paten, merek, dsb.
2. Mengidentifikasi
dan mengevaluasi kapabilitas untuk menghasilkan distinctive competence
(kompetisi inti yang unik)
3. Menseleksi
dan mengembangkan untuk diaplikasikan dalam rangka mencari profitabilitas yang
tinggi secara berkelanjutan dan sulit ditiru.
4. Memformulasikan
strategi pengembangan “core resources and capabilities” seefektif mungkin dalam
semua kegiatan manajemen.
#market #based #strategy #pengertian #akuntansi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar