Sabtu, 24 November 2018

SISTEM INFORMASI PERSPEKTIF AKUNTAN


Internal informasi flows (Arus Informasi Internal)
·         Arus horizontal mendukung berbagai pekerjaan tingkat operasional dengan informasi sangat terperinci mengenai berbagai yang mempengaruhi perusahaan. Contoh : penjualan dan pengirimin barang, penggunaan tenaga kerja dan bahan baku serta transfer internal sumber daya dari departemen satu ke departemen lainnya.
·         Arus vertical mendistribusikan informasi ringkas mengenai berbagai aktifitas operasional dan lainnya ke para manajer di semua tingkat. Informasi juga mengalir kebawah dari manajer ke staf. Contoh : intruksi, kouta dan anggaran.
Eksternal Information Flows (Arus Informasi Eksternal)
Arus informasi eksternal meliputi informasi dengan
1.      Trading partner yaitu mengenai penjualan ke pelanggan, penagihan, pembelian dari pemasok, informasi penerimaan persediaan (trading partner)
2.      Stake holder yaitu mengenai laporan keuangan, perdagangan saham dan lain-lain.
Definisi Sistem
            Sistem adalah kelompok dari dua komponen atau lebih yang saling berhubungan yang berfungsi dengan tujuan yang sama.

System Decomposition versus System Interdependency
·         System Decomposotion (Dekomposisi Sistem) adalah proses membagi sistem menjadi berbagai subsistem yang lebih kecil
·         System Interdependency (Interdependensi Sistem) adalah kemampuan sistem  untuk mencapai tujuannya bergantung pada efektifitas fungsinya dan interaksi yang harmonis antara subsistemnya.
Information System (Informasi Sistem)
            Sistem informasi adalah serangkaian prosedur formal data dikumpulin, diproses menjadi informasi dan didistribusikan ke para pengguna.
Transaction (Transaksi)
·         Transaksi adalah kegiatan yang mempengaruhi atau merupakan kepentingan dari perusahaan serta diproses oleh system informasinya sebagai unit pekerjaan
·         Transaksi keuangan / financial transaction adalah kegiatan ekonomi yang mempengaruhi aktiva dan ekuitas perusahaan yang dicerminkan dalam berbagai akun serta diukur dalam berbagai ukuran keuangan
·         Transaksi non keuangan / nonfinancial transaction adalah meliputi semua kegiatan yang diproses oleh perusahaan  melalui system informasi tetapi tidak termasuk dalam definisi transaksi keuangan, misalnya penambahan daftar pemasok, daftar barang dan lain-lain.
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) / Accounting Information System (AIS)
Akuntansi adalah sebuah sistem informasi.
·         Mengidentifikasi, mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi ekonomi
·         Menangkap dan mencatat efek keuangan atas transaksi perusahaan
·         Mendistribusikan informasi transaksi untuk mengkoordinasikan banyak hal.
AIS versus MIS
Accounting Information System (AIS), memproses :
·         Transaksi keuangan
·         Transaksi non keuangan yang memiliki efek langsung terhadap proses transaksi keuangan, contoh penambahan data pemasok
Management Information System (MIS), memproses : transaksi non keuangam yang merupakan kegiatan perusahaan juga contoh menelusuri complain pelanggan, mengukur kinerja karyawan, pengembangan pasar baru, dan lain-lain.
AIS Subsystem
·         Sistem pemrosesan transaksi / Transaction processing system (TPS)
·         Mendukung oprasional harian
·         Buku besar atau system pelaporan keuangan / General Ledger or Financial Reporting System (GL/FRS)
·         Membuat laporan keuangan
·         Sistem pelaporan keuangan biasanya juga untuk pihak eksternal contoh : laporan pajak
·         Sistem pelaporan manajemen / Management Reporting System (MRS)
·         Memberi informasi keuangan internal yang dibutuhkan untuk mengelola bisnis.
Data Sources
Sumber data / data sources adalah berbagai transaksi keuangan yang masuk kedalam system informasi baik dari sumber internal maupun eksternal.
1.      Transaksi keuangan eksternal / external financial transaction adalah berbagai entitas bisnis dan individu lain di luar perusahaan contoh : penjualan barang, pembelian persedian, penerimaan dan pengeluaran kas serta penggajian.
2.      Transaksi keuangan internal / Internal Financial Transaction melibatkan pertukaran atau perpindahan sumber daya dalam perusahaan contoh : perpindahan barang dalam proses, penggunaan tenaga kerja dan lain- lain.



#sistem #informasi #akuntansi #akuntan #tugas #kuliah #kampus #sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar